Makanan Pencegah Kanker Yang Bagus Dikonsumsi Saat Buka Puasa


Saat Ramadhan, menu buka puasa yang sering dikonsumsi adalah gorengan dan minuman dingin (Es). Tidak selalu setiap buka puasa harus mengandalkan menu itu, namun Anda juga harus memilih makanan yang mengandung banyak nutrisi agar tubuh tetap mendapat asupan yang sesuai. Karena selama puasa seharian kita masih membutuhkan energi dan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Tetapi orang-orang cenderung kurang suka mengkonsumsi sayur dan buah pada saat puasa, padahal ada beberapa jenis makanan yang bisa mencegah penyakit kanker. Dalam sebuah penelitian bahwa untuk bisa melakukan program diet sehat, adalah memenuhi semua kebutuhan tubuh kita dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Hal ini dapat menghindarkan kita dari resiko penyakit jantung, diabetes, hingga penyakit kanker.

Berikut beberapa jenis makanan yang memiliki asupan bergizi bagi tubuh kita, dan bisa dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Hal ini terbukti memiliki rendah kalori, dan penuh dengan Phytochemical serta antioksidan. Sehingga dapat meminimalisir resiko penyakit kanker.


1. Buah Stroberi (Strawberry)
Buah ini memiliki antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan asam ellagic. Dalam sebuah penelitian, Asam Ellagic memiliki fungsi untuk meningkatkan Enzim yang bersifat anti kanker. Dan dapat menghancurkan zat yang menyebabkan munculnya kanker, serta memperlambat pertumbuhan tumor pada tubuh.

Menurut penelitian dari World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research, dengan mengkonsumsi buah stroberi dapat mencegah munculnya sel kanker kulit, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, kanker kerongkongan dan kanker payudara. 


2. Buah Tomat
Buah ini memiliki potensi sebagai senjata melawan kanker prostat dan penyakit jantung, zat fitokimia atau yang disebut dengan likopen, yaitu sebuah zat antioksidan yang banyak dikandung dalam buah tomat.

Zat likopen ini dapat menghentikan sel kanker agar tidak tumbuh, seperti sel kanker payudara, dan kanker lapisan rahim. Peneliti dari American Institute for Cancer Research mengatakan bahwa, zat likopen ini melindungi sel dari rusaknya yang diakibatkan oleh sel kanker.


3. Wortel
Sayuran ini baik dikonsumsi pada saat matang, yang mengandung banyak beta-karoten. Sayur ini dapat melindungi selaput sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh toksin, serta bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagi penderita kanker serviks, wortel sangat baik dikonsumsi karena wortel bisa memenuhi kebutuhan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bisa juga mengatasi PHV (Human Papilloma Virus). Antioksidan dalam wortel memiliki jumlah yang sangat banyak jika dimasak terlebih dahulu dari pada dikonsumsi langsung pada saat mentah.


4. Bayam
Memiliki kandungan karotenoid super, serta terdapat kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat banyak. Zat karotenoid dapat memusnahkan radikal bebas dari dalam tubuh kita, hal ini diungkapkan oleh badan penelitian yang menyatakan bahwa bayam dapat melindungi kita dari kanker mulut, kerongkongan serta kanker perut. Serta dapat menghambat resiko pertumbuhan risiko kanker ovarium, endometrium, paru-paru, dan kanker kolorektal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Makanan Pencegah Kanker Yang Bagus Dikonsumsi Saat Buka Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel