3 Langkah Sederhana Memulai Blogging


Jika kalian ingin memulai membuat blog, dan masih bingung mulai dari mana? dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa langkah sederhana yang saya lakukan untuk membuat blog. Kenapa harus blogging, sebuah aktifitas dimana kalian bisa menuangkan ide, konsep, cerita hingga bisa dibaca oleh semua orang. Sekarang jamannya digital, semua serba digital dan budaya membaca sekarang juga digital meski koran, majalah dan lain sebagainya masih ada dipasaran. 

Dalam aktifitas blogging, kalian akan menulis atau membahas suatu yang kalian senangi, contoh hobi kalian. Dimana kalian sudah bisa menguasai apa yang kalian tulis atau sampaikan. Blog yang besar diawali dari blog yang kecil, dengan dedikasi yang tinggi sehingga bisa membuat blog nya besar dan terpercaya. Baik, sekarang saya akan memberikan sedikit tips sederhana dalam membangun sebuah blog.

1. Memilih platform blogging
Dalam membangun blog, platform adalah sebuah wadah untuk menjalankan blogging. Ada banyak platform yang bisa kalian gunakan untuk membangun blog, yang paling sering digunakan dan sangat mudah dipelajari adalah Wordpress dan Blogspot (Blogger). 
  • Wordpress, platform ini mengharuskan blogger untuk memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Agar blog bisa bekerja, para blogger harus memikirkan nama (domain) yang akan digunakan. Tentunya domain dan hosting ini berbayar, mulai 6 bulan hingga 1 tahun. Domain adalah alamat, dan hosting adalah tempat untuk menyimpan file, tema, foto, video untuk mendukung blog kalian. Kalian harus menyiapkan dana untuk membangun blog jika menggunakan platform wordpress, tapi tenang banyak themes atau template wordpress gratis jadi untuk memulainya, kalian bisa menggunakan template dan plugins wordpress yang gratis terlebih dahulu. Untuk membeli domain dan hosting banyak layanan penyedia, mulai dari pembelian domain saja atau hosting saja, bahkan bisa keduanya.
  • Blogspot atau Blogger, platform ini disediakan oleh google. Jika kalian memiliki akun email Gmail, maka kalian bisa memanfaatkan fasilitas ini. Gratis namun dengan subdomain dan belum TLD (Top Level Domain) seperti yang dijelaskan di platform wordpress, untuk hosting blogger ini sangatlah mencukupi karena fasilitas penyimpanannya masih ikut dengan google. Kalian bisa menggunakan space storage sebesar yang diberikan gmail ke kalian, yaitu 15GB (CMIIW). Platform blogspot ini bisa kalian modifikasi dengan memberikan domain TLD, yakni merubah alamat blog kalian menjadi blog TLD agar terlihat profesional dan bahkan ada blogger pro yang masih menggunakan blogspot dengan domain TLD.
2. Memilih nama domain dan hosting
Setelah kalian menentukan platform mana yang akan kalian pakai, langkah selanjutnya kalian memilih nama domain yang cocok untuk blog yang akan kalian bangun. Referensi nama domain bisa kalian sesuaikan dengan hobi, atau nama yang unik agar blog kalian juga unik dan enak dibaca. Kalau kalian ingin membangun sebauh brand kalian sendiri, kalian lebih baik memilih platform yang berbayar bila ingin terlihat profesional. Tidak menutup kemungkinan platform blogspot juga bisa menampikan halaman yang professional, jika blog kalian menggunakan tema blogspot yang berbayar.

3. Mulai posting artikel
Setelah semuanya beres, kalian bisa memulai posting artikel yang sudah kalian siapkan. Kalian bisa menggunakan MS Word untuk mengetik atau mengetik langsung di platform kalian. Tulis sesuai dengan yang kalian senangi, bisa mulai dari tips, tutorial, hingga berita dan politik. Jadikan diri kalian serasa wartawan atau jurnalis, tulis yang ringan-ringan dulu jika kalian belum bisa mendapatkan ide untuk tulisan kalian. Kalian bisa posting artikel ke blog kalian 1 hari sekali atau 2 atau 3 kali sehari tergantung kalian, jika kalian mampu ya silahkan. Tulis dengan gaya bahasa kalian sendiri agar pembaca nyaman dan berlama-lama di blog kalian.

Oke, demikian langkah sederhana untuk membangun blog. Artikel ini hanya gambaran besar, untuk langkah yang lebih spesifik akan saya bahas di artikel selanjutnya. Semoga dengan tulisan sederhana ini bisa membuat kalian bisa membangun blog dan menuangkan tulisan atau artikel yang kalian miliki, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan dikolom komentar ya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Langkah Sederhana Memulai Blogging"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel