Fakta-Fakta Terbaru Terkait Penularan Virus Corona


Virus corona merupakan salah satu virus mematikan yang sekarang sangat hangat diperbincangkan diseluruh dunia. Bagaimana tidak, penyebaran virus ini sangat cepat. Virus ini juga sudah menginfeksi jutaan penduduk di kota Wuhan, dimana virus ini diketahui berasal. Tidak hanya itu, bahkan sudah ada banyak negara-negara lain yang juga mulai terinfeksi. Tapi, seberapa besar pemahaman kita terhadap penyebaran dan penularan virus coran tersebut? Berikut lampiran beberapa fakta-fakta baru terkait penularan virus corona, yaitu:

1. Mirip SARS dan MERS
Seperti yang kita ketahui kedua jenis penyakit yakni MERS dan SARS adalah penyakit mematikan yang memang sudah terlebih dahulu ada sebelum wabah virus corona ini. Namun, penelitian menyatakan hal yang mengejutkan. Dimana virus corona dan virus penyebab MERS serta SARS merupakan keluarga virus yang sama yang juga menyebabkan flu. Hanya saja corona virus ini merupakan golongan baru yang dinyatakan lebih mematikan.

2. Telah Menyebar Ke Negara-Negara Lain
Fakta lainnya yang juga sangat menakutkan dari maraknya serangan virus corona ini adalah deteksi penyebarannya ke beberapa negara lainnya. dimana penyebaran ini disebabkan oleh adanya wisatawan yang datang dari Wuhan dan mengunjungi atau pulang kembali ke negara asal mereka. Sehingga, penularan kian meluas dan mewabah dimana-mana.

3. Vaksin Yang Belum Ditemukan
Sayangnya hal yang meneyebabkan penyebaran virus corona semakin meluas adalah vaksin atau penawar yang masih belum ditemukan. Dimana penyebaran penyakit akibat wabah virus ini sangatlah cepat dan terjadi dalam waktu yang singkat. 

Sehingga, peneliti masih mengusahakan untuk menemukan obat atau penawarnya sesegera mungkin. Walaupun virus ini menyebabkan masalah pernafasan seperti pneumonia. Namun vaksin pnemuonia dinyatakan tidak terlalu efektif terhadap serangan corona ini.

4. Kemungkinan Bertahan Diluar Tubuh Manusia Sangat Minim
Mungkin fakta terbaru terkait penularan virus corona yang satu ini boleh dinyatakan sebagai hal menggembirakan. Dimana virus ini dikabarkan sangat sulit untuk bertahan hidup tanpa ada tubuh inangnya. Sifat dari virus ini berupa host spesific. Jadi, virus ini harus berpindah dari manusia ke manusia lainnya agar bisa tetap bertahan hidup. 

Jadi, masih ada kemungkinan untuk menghindarinya yakni dengan menggunakan peralatan yang dianjurkan. Seperti menggunakan masker dengan lubang pori-pori lebih kecil dari 100 nanometer. Karena ukuran dari virus ini berkisar antara 100 hingga 120 nanometer.

5. Target Utama Adalah Sistem Pernafasan
Seperti laporan terhadap kasus-kasus serangan corona virus, dimana virus ini memang sangat spesifik dan berakibat fatal akibat serangan pada saluran pernafasan. Apalagi jika penjalaran dari virus ini sudah sangat jauh dan menetap di bagian paru-paru manusia. Hal ini bisa menyebabkan gagal nafas yang berawal dari pneumonia. Sehingga banyak pasien yang berujung dengan kematian.

6.  Tidak Menimbulkan Gejala
Ini merupakan salah satu fakta terbaru tentang penularan virus corona yang sangat ditakutkan banyak orang. Dimana banyak kasus yang diketahui menginfeksi pasien tanpa adanya gejala atau peringatan awal terlebih dahulu. Walaupun kita ketahui beberapa gejala awal dari serangan virus ini berupa :

  • Demam
  • Flu
  • Batuk
  • Sesak nafas

Namun, ada beberapa pasien yang tidak memiliki gejala apapun dan ternyata positif mengidap penyakit serangan virus corona ini.

Jadi, sangat penting untuk tetap waspada dan memeriksakan kesehatan secara berkala. Karena kita tidak pernah mengetahui ancaman penyakit apa saja yang bisa membahayakan keselamatan. Apalagi jika mendapatkan serangkaian gejala mencurigakan, segeralah minta bantuan medis.

LihatTutupKomentar