Daftar Penyakit Yang Menyerang Ketika Musibah Banjir Datang


Banjir merupakan salah satu musibah yang selalu datang hampir setiap tahunnya di Indonesia. Seperti yang kita alami akhir-akhir ini. bukan tanpa sebab hal tersebut terjadi, namun karena kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan. Mungkin banjir terlihat sebuah hal yang sepele dan dianggap sudah biasa. Hanya saja, berikut deretan penyakit yang menyerang ketika musibah banjir datang ini harus benar-benar diwaspadai.

1. Diare
Penyakit yang satu ini memang rentan menyerang korban banjir. Bagaimana tidak, lingkungan yang kotor akibat adanya musibah ini akan memicu banyak bakteri sumber penyakit menghampiri asupan makanan. Dan, tentunya diare akan menjadi salah satu penyakit tersering yang menyerang para warga.

2. Penyakit Kulit
Sama halnya dengan masalah diare diatas, kualitas air yang buruk, yakni air genangan banjir ini memiliki banyak campuran kotoran yang bisa menginfeksi kulit. Apalagi jika kita tergolong orang-orang yang memiliki jenis kulit sensitif, maka penyakit kulit akan mudah mengintai ketika terjadi banjir. Bakteri-bakteri berbahaya seperti E.Coli juga akan mudah membuat kulit menjadi gatal-gatal dan berbintik merah.

3. Kolera
Tidak jauh berbeda dengan diare, penyakit ini juga menginfeksi manusia oleh serangan bakteri jahat yang bernama Vibrio cholerae. Biasanya bakteri ini akan termakan melalui makan dan juga minuman yang terinfeksi lewat air kotor ketika bencana banjir melanda. Gejalanya juga akan sangat mirip dengan gejala diare. Hanya saja penyakit ini akan disertai mual dan muntah parah.

4. Leptospirosis
Ini merupakan salah satu penyakit yang cukup mematikan, pasalnya jika tidak ditangani bisa berujung kepada meningitis, kerusakan otak, gangguan ginjal hingga berakhir dikematian. Penyakit yang satu ini biasanya ditularkan melalui kontak dari hewan yang membawa bakteri Leptospira. Bakteri ini bisa memasuki jaringan kulit jika kita mengalami goresan dan luka.

5. Tifus
Penyakit lainnya yang juga berbahaya akibat adanya genangan air tidak sehat pada banjir ini adalah Tifus alias demam Tipoid. Penyakit ini akan menggerogoti usus halus. Dimana tifus sendiri merupakan penyakit infeksi akibat makanan maupun minuman yang kita konsumsi terkontaminasi kotoran yang mengandung bakteri Salmonella.

6. ISPA
Ini merupakan wabah penyakit yang mudah sekali menular dari orang ke orang lain. Bagaimana tidak, ISPA atau singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Atas ini memang mudah diderita banyak orang. Apalagi musim hujan yang menyebabkan banjir akan menurunkan sistem kekebalan tubuh kita nantinya.

7. Deman Berdarah
Bukan hal yang aneh lagi jika waktu banjir datang maka segerombolan nyamuk akan berkembang dengan pesatnya. Karena, ada banyak sekali tempat-tempat untuk nyamuk berkembang biak didalam genangan air tersebut. Bahkan, nyamuk yang menyebabkan seseorang menderita demam berdarah sekalipun. 

8.  Hepatitis A
Meski kasus penyakit hepatitis A akibat banjir ini masih minim diberitakan, namun kita juga harus tahu bahwasanya ini adalah salah satu jenis penyakit yang mengancam. Penyakit yang menyerang fungsi hati ini merupakan akibat paparan tubuh dengan bakteri serta virus yang terkandung didalam air kotor banjir tersebut. 

9. Malaria
Sama halnya dengan demam berdarah, kita juga bisa terkena wabah malaria ketika sedang dilanda musibah banjir ini. Malaria ini akan menyebabkan penderitanya mengalami demam tinggi dan kelelahan. Jika tidak ditangani dengan baik, malaria juga akan menyebabkan komplikasi yang serius.
Oleh sebab itu, sebaiknya kita berlomba-lomba untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Dan juga, kita harus lebih peduli terhadap pepohonan alias tumbuhan hijau. Setidaknya, jika musim hujan kembali datang, maka daerah kita tidak akan terserang banjir.

LihatTutupKomentar