Langkah Penting Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Banjir


Banjir merupakan sebuah musibah yang boleh dikatakan langganan di negara kita. Walaupun terlihat sepele, namun banjir memiliki banyak dampak yang harus kita ketahui. Misalnya saja terkendalanya jalur transportasi, masalah pekerjaan, kerusakan pada rumah dan juga penyakit-penyakit akibat banjir yang bisa menyerang siapa saja. Untuk itu, sangat disarankan bagi kita mengetahui langkah penting menjaga kesehatan tubuh saat banjir berikut ini.

1. Selalu Usahakan Mencuci Tangan
Tidak hanya ketika sedang hendak makan saja kita dianjurkan untuk mencuci tangan. Kita harus terbiasa mencuci tangan apalagi dengan menggunakan cairan antiseptik. Karena, disaat banjir, kita tidak pernah tahu apa yang sudah kita pegang dan apakah tangan kita terkontaminasi bakteri atau virus berbahaya. Untuk itu, sangat dianjurkan agar rajin membersihkan dan mencuci tangan ketika musibah banjir datang. 

2. Jangan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sembarangan
Bukan berarti kita tidak bisa membeli makanan atau jajanan selama musim banjir menyerang. Hanya saja, lebih ditekankan untuk memilih dan melihat jenis makanan serta minuman yang akan kita konsumsi. Harus kita ketahui bahwasanya banjir akan menyebabkan banyak genangan air berpenyakit dan tentunya ini berimbas kepada sumber bahan pangan tersebut. 

Jadi, usahakan untuk tetap mempertimbangkan apa yang akan kita konsumsi. Pilihlah juga jenis makanan dan minuman yang sehat dan bukan yang instan atau cepat saji. Makanan dan minuman yang sehat akan membantu menopang kondisi tubuh yang maksimal.

3. Jangan Menggunakan Pakaian Kotor
Jangan membiasakan diri menggunakan pakaian kotor dan juga pakaian yang sudah basah akibat genangan air banjir. Cobalah untuk tetap mengganti dan menggunakan pakaian bersih yang kering dan bisa menjaga kehangatan tubuh. Pakaian yang basah dan kotor akibat banjir ini juga menjadi salah satu wadah timbunan sumber penyakit.

4. Hindari Untuk Bermain di Dalam Genangan Air Banjir
Bermain di genangan air banjir memang terlihat sangat menyenangkan dan tidak jarang banyak orang melakukannya, baik orang tua dan anak-anak. Namun, sejatinya kegiatan ini sangat dilarang untuk dilakukan. Kenapa? Air yang menggenang pasca banjir adalah jenis air kotor yang terkontaminasi banyak sumber penyakit.

Banyak sekali jenis-jenis penyakit yang bisa menghampiri kita jika kita dengan sengaja bermain dan melewati genangan air banjir tersebut. Seperti masalah penyakit kulit, diare hingga bahkan malaria. Oleh karena itu, cucilah bagian tubuh sesegera mungkin jika meamng harus melewati air genangan banjir tersebut.

5. Mengobati Luka Basah
Luka basah atau luka terbuka yang kita miliki akan menjadi hal yang serius untuk ditangani ketika bencana banjir melanda. Karena, sejumlah parasit, bakteri dan virus penyebab serangkaian penyakit bisa dengan mudah masuk kedalam bagian kulit dengan luka terbuka ini. untuk itu, upayakan kita merawat dan menutup luka terbuka agar tidak terkontaminasi genangan air kotor tersebut.

6. Hindari Serangan Nyamuk
Nyamuk akan berkembang lebih cepat ketika banjir datang. Seperti yang kita ketahui bahwasanya genangan air ini merupakan tempat terbaik untuk para nyamuk berkembang biak. Jadi, berhati-hatilah terhadap serangan gigitan nyamuk terutama nyamuk pembawa penyakit demam berdarah. Usahakan untuk tetap menggunakan obat anti nyamuk dirumah atau menggunakan lotion anti nyamuk.

Menjaga dan menerapkan pola hidup sehat sangat penting dilakukan kapan saja, terutama ketika terjadi situasi khusus seperti wabah banjir ini. meminum suplemen vitamin juga dianjurkan untuk menambah kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Yang terpenting adalah kita selalu waspada dan menghindari hal-hal berbahaya terkait penyakit dimasa banjir melanda tersebut.

LihatTutupKomentar