Langkah Awal Memulai Pola Hidup Sehat


Seperti kata pepatah “sehat itu mahal” dan hal ini benar adanya. Dimana orang-orang yang menderita beragam penyakit ingin sembuh dan akan melakukan apa saja demi kesembuhannya tersebut. Namun, pernahkah terpikirkan oleh kita untuk menjaga kesehatan daripada mengobati penyakit? Menjaga kesehatan ini bisa dimulai dengan langkah awal memulai pola hidup sehat seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Jam Tidur
Banyak orang yang mengabaikan jam tidur mereka, padahal sangat penting untuk menjaga waktu tidur agar mendapatkan istirahat yang berkualitas. Ada banyak yang beralasan masalah kerjaan atau alasan klasik lainnya. padahal semakin bertambahnya umur seseorang, maka tubuh juga memerlukan istirahat yang lebih memadai. Tidur yang dibahas disini adalah jam tidur malam. Minimal tubuh memerlukan 6-8 jam tidur malam setiap harinya.

2. Makanan dan Minuman Sehat
Memang sulit untuk memulai pola hidup sehat, apalagi kita harus merubah semua kebiasaan buruk yang selama ini kita lakukan. Seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang tidak sehat. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula misalnya, ini akan membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Jadi, cobalah mengolah makanan serta minuman dengan cara yang benar dan menghindari gula berlebihan, pengawet maupun penyedap rasa.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan
Masalah yang satu ini juga seringkali diabaikan oleh banyak orang. Tidak banyak yang mengetahui akan masalah dehidrasi dan pengaruhnya untuk kesehatan tubuh. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh ini bisa ditandai dengan mudah seperti dengan analisa air seni. Jika warna air seni sudah kuning pekat, maka ini menyatakan kita sudah benar-benar kekurangan cairan. Dianjurkan untuk meminum air mineral sebanyak 2 liter setiap harinya. 

4.  Olahraga
Kurang bergerak atau malas berolahraga juga merupakan salah satu kebiasaan yang akan membawa bibit-bibit penyakit. Agar bisa menjalani dan memulai pola hidup sehat, kita harus membiasakan diri bergerak secara aktif dan berolahraga secara teratur. Tidak perlu menyisakan waktu dan menghabiskan uang untuk pergi ke gym. Lakukan saja beberapa gerakan ringan dirumah secara rutin sudah menjadi langkah sehat bagi tubuh kita.

5. Kelola Stres Dengan Baik
Stres bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan menyerang siapa saja. Banyak hal didalam hidup yang tanpa kita sadari menyebabkan stres tersebut. Namun, jika stres tidak dikelola dan diatur dengan baik maka ini juga akan memicu banyak masalah hingga munculnya penyakit. Tanpa kita sadari, banyak penyakit yang timbul diakibatkan oleh stres berlebihan. Jadi, cobalah untuk selalu bersyukur dan tidak berpikir secara berlebihan.

6. Hindari Aktivitas Berbahaya
Aktivitas berbahaya ini adalah rangkaian aktivitas yang bisa merusak kesehatan kita. Misalnya saja dengan merokok, begadang atau minum-minuman beralkohol. Dengan menerapkan pola hidup sehat, berarti kita menyetujui untuk menghindari atau bahkan menghentikan beberapa aktivitas berbahaya bagi kesehatan. Dimana kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang baik dan yang buruk untuk kesehatan kita.

7. Buatlah Aturan Pribadi
Tidak ada musuh yang paling berbahaya jika dibandingkan dengan diri sendiri. Ya, kita tidak akan pernah berhasil menerapkan pola hidup sehat ini jika tidak menerapkan peraturan pribadi. Peraturan-peraturan tersebut bisa membatasi dan menjadi pengingat kita ketika ingin kembali masuk kepola hidup tidak sehat sebelumnya. 

Dengan 7 langkah diatas, kita bisa memulai bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Tentu saja disiplin adalah kuncinya!
LihatTutupKomentar