Cara Pencegahan Infeksi Virus Corona


Belakangan ini, kita banyak menemukan pemberitaan terkait infeksi virus corona yang merebak di Wuhan. Sayangnya, sekarang infeksi tersebut sudah menyebar di banyak negara di dunia. Bukan berarti kita yang tinggal di Indonesia bisa merasa “aman”. Karena, negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sudah ada beberapa warga negaranya yang terjangkit.

Untuk itu, kita perlu mempersiapkan diri agar tidak terserang serangan virus berbahaya ini. walaupun, belum ada laporan terkait warga Indonesia yang terjangkit virus tersebut. Namun, bagaimanakah caranya?

Kenali Apa Itu Virus Corona
Sebelum kita memulai pembahasan tentang langkah pencegahan infeksi virus corona, terlebih dahulu kita mengenali apa itu virus corona? Virus yang menyebabkan banyak kematian warga Wuhan dari semenjak Desember 2019 ini dinyatakan sebagai golongan baru dari coronavirus. Jadi, virus yang sedang mewabah didunia sekarang ini masih berhubungan dengan virus penyebab MERS dan SARS. Virus baru ini dinamai dengan 2019-nCoV atau novel coronavirus. 

Langkah Pencegahan Infeksi Virus Corona

Asal mula dari penyebaran virus ini diduga berasal dari hewan, seperti kelelawar. Dimana virus tersebut dahulunya hanya tersebar dari hewan ke hewan dan sekarang bisa menyebar dari manusia ke manusia. Biasanya tertular akibat bersin, batuk, terkontaminasi dahak dan bahkan menular lewat mata. Tentu saja ini akan menjadi hal yang sangat membahayakan. Tanda-tanda awal terinfeksi sama seperti ketika sedang mendapatkan gejala flu biasa, yakni:

  • Demam
  • Batuk
  • Pilek
  • Sesak nafas

Sesak nafas ini diakibatkan kerusakan pada paru-paru yang terjadi akibat infeksi tersebut. Untuk itu, agar tidak mengalami penyakit yang sama, kita perlu mengenali langkah pencegahan, yaitu:

1. Rajin Mencuci Tangan
WHO mengimbau agar semua masyarakat didunia harus mulai peduli akan kesehatan mereka terutama disaat wabah berbahaya ini sedang menyerang. Salah satu langkah pencegahan paling awal adalah dengan rajin mencuci tangan dengan metode yang dianjurkan. Apalagi jika tangan terlihat kotor, maka usahakan untuk menggunakan antiseptik.

2. Teknik Bernafas Yang Dianjurkan
Agar tidak sembarangan menularkan virus atau tertular virus-virus berbahaya, maka usahakan menggunakan teknik bernafas yang baik. Misalnya saja ketika akan bersin, tutuplah hidung dan mulut serta bagian siku dalam dengan tisu. Setelah itu, buanglah tisu tersebut ditempat yang aman.

3. Menghindari Menyentuh Area Mulut, Mata dan Hidung
Sebisa mungkin usahakan tangan dalam keadaan steril jika ingin menyentuh bagian mulut, hidung maupun mata. Atau, jika memang harus menyentuhnya, maka usahakan untuk selalu mencuci tangan kembali setelahnya.

4. Langkah Pencegahan Di Daerah Terserang Virus Corona
Jika kita memang berada disalah satu daerah yang sudah terkonfirmasi terjangkit virus corona, maka berikut langkah pencegahan yang harus dilakukan:

  • Sebisa mungkin jangan menyentuh hewan.
  • Jangan mengunjungi pasar basah terlebih dahulu, pasar hewan hidup ataupun perternakan.
  • Jangan terlalu dekat dengan orang-orang yang sedang mengalami masalah infeksi saluran pernafasan seperti flu, pilek maupun batuk.
  • Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker kesehatan, kacamata dan juga menggunakan sarung tangan jika harus keluar rumah dalam waktu yang lama.
  • Jika merasakan perubahan kesehatan dan tanda-tanda terkena infeksi seperti demam, menggigil ataupun batuk segera kunjungi layanan kesehatan terdekat.
  • Periksakan diri jika baru saja mengunjungi daerah lain atau sedang dalam perjalanan ke tempat-tempat tertentu.
  • Jangan lupa mematuhi peraturan makan dan minuman sehat dan membersihkan tangan secara rutin.
  • Konsumsi makanan dan minuman bergizi serta vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Inilah langkah-langkah pencegahan yang seharusnya kita ketahui agar bisa mempersiapkan diri menghindari serangan virus corona yang berbahaya.

LihatTutupKomentar